Sunday, December 23, 2012

Fakta Air Mata




Fakta Air Mata | Airmata, cairan bening yang tidak berwarna atau jernih ini sesungguhnya berasal dari cairan darah. Ketika airmata akan keluar, dapat dirasakan darah mengalir naik ke kepala. Darah itulah yang menjadi asal dari airmata.
Meskipun air mata berasal dari cairan darah, airmata tidak berwarna merah. Hal ini disebabkan kerana ketika cairan darah masuk ke dalam kelenjar air mata, dinding sel yang dilalui bekerja untuk menapis unsur warna merah yang terdapat dalam sel darah merah sehingga menghasilkan cairan bening yang disebut dengan airmata.
Perasaan menjadi lega setelah menangis. Ketika dada dan kepala dipenuhi oleh berbagai macam masalah yang menyesakkan, sebahagian orang berusaha untuk melonggarkannya dengan menitiskan airmata. Seiring dengan airmata yang meleleh di pipi, sedikit demi sedikit kepala dan dada terasa lebih ringan. Mengapa demikan?
Sesungguhnya di dalam airmata terkandung materi stress. Materi stress ini terkandung dalam semua jenis airmata. Tidak hanya pada airmata ketika sedih atau menyesal saja, tetapi materi stress juga terkandung dalam airmata bahagia.
Perasaan manusia yang berubah drastik menimbulkan beban secara mendadak pada tubuh sehingga materi stress di dalam darah meningkat. Dengan mengeluarkan airmata, materi stress pun turut keluar sehingga perasaan yang tadinya tidak menentu akan menjadi tenang.

Setiap kali mengedipkan mata, ada sejumlah airmata yang dialirkan ke permukaan mata. Ketika mata terasa kering, kita mengedipkan mata. Begitu berulang-ulang. Dalam satu minit, seseorang mengedipkan mata lebih kurang sebanyak 15 – 20 kali. Pada saat itu pula airmata membasahi permukaan mata tanpa kita sedari.
Sebanyak 10% dari airmata yang dialirkan ke permukaan mata dan berfungsi untuk menjaga kelembapan permukaan mata ini, menguap. Sedangkan 90% sisanya akan mengalir melalui sebuah saluran kecil di mata bahagian dalam. Setelah itu, airmata ini mengalir melalui kelenjar kecil yang menghubungkan antara mata dan hidung, dan akhirnya mengalir melalui saluran hidung dan terkumpul di dalam hidung.
Setelah menggunakan ubat titis mata tidak jarang pangkal lidah merasakan sesuatu yang pahit. Hal ini terjadi karena ubat titis mata tersebut melalui jalan yang sama dengan air mata, dan ada kalanya setelah melalui hidung, ubat ini mengalir ke dalam mulut.

Air mata memiliki berbagai fungsi. Fungsi utama airmata adalah untuk mengangkut unsur asam dan zat gizi ke mata. Pada kornea tidak terdapat kelenjar darah sehingga bahagian ini tidak dapat mendapatkan zat yang diperlukan. Air mata bekerja untuk mengatasi hal tersebut.
Selain itu, airmata berfungsi untuk mencegah masuknya berbagai macam bakteri atau virus yang terkandung di dalam benda asing atau kotoran ke dalam mata. Di dalam udara terkandung polusi yang jumlahnya sangat banyak, melebihi yang kita jangkakan.Cuba bayangkan, bila tidak ada air mata, kotoran tersebut dapat langsung masuk ke dalam mata, sehingga menimbulkan infeksi pada mata. Dengan kata lain, airmata berfungsi untuk melindungi mata dari kontaminasi polusi tersebut.

Sepanjang hayat manusia biasanya akan menitiskan 3 jenis air mata.
1. Air mata yang paling fundamental akan terjadi ketika setiap kali mengedipkan mata, ia membasahi bola mata kita.
2. Air mata pemantulan, ketika mata kita mengalami luka, atau terkontak gas yang merangsang mata, maka mata kita akan menitiskan air mata demikian.
3. Air mata perasaan, iaitu air mata yang menitis saat kita menangis.

Kedua jenis air mata yang pertama tersebut di atas memiliki komposisi kimia yang sama, namun, komposisi kimia pada air mata yang bergejolak (perasaan) tidak sama, setelah menganalisa komposisi-komposisi ini, kita akan dapat mengetahui efek air mata.
Ahli biokimia dari Universitas Minnesota William Ferea mendapati, dalam air mata yang bersifat perasaan, jenis protein lebih besar 20%-25% dibanding air mata pemantulan, apalagi kadar kalium adalah 4 kali lipatnya dari yang disebut terakhir di atas, dan kekentalan mangan lebih tinggi 30 kali lipat dibanding serum. Air mata ini juga banyak mengandungi hormon, seperti misalnya hormon kulit adrenal.

Air Mata Perasaan atau Luapan Perasaan:
1. Air Mata Memori, adalah airmata yang didorong oleh kenangan yang mengesankan, yang indah atau yang buruk. Kita hidupkan kenangan-kenangan tersebut melalui linangan airmata.
2. Air Mata perasaan Lega adalah airmata yang memberikan rasa lega, yang berfungsi sebagai terapi untuk mengatasi rasa cemas yang berkepanjangan. Kita pun menangis akibat tangisan orang banyak, misalnya tangisan saat tangisan saat perkawinan, wisuda atau memasuki masa purnabhakti. Airmata ini pertanda keakraban hubungan.
3. Air Mata kehilangan adalah ekspresi rasa kehilangan, terutama bila yang hilang sangat berarti bagi seseorang.
4. Air mata pada saat-saat perpisahan.
5. Air mata ketidakberdayaan adalah perasaan yang mengekspresikan rasa penghargaan dan mengundang refleksi, depresi, frustasi dan putus-asa.
6. Air mata tersentuh hati adalah air mata yang mengekpresikan rasa kagum, syukur, Bahagia.
7. Air mata ketakutan adalah yang muncul saat kita ketakutan.
8. Air mata kesedihan adalah air mata yang muncul karena kesedihan.

KESIMPULAN:
1. Yang manjadi masalah adalah bukan keluarnya air mata, tapi motivasi yang mendorong kita menangis.
2. Air mata emosi adalah wujud dari luapan emosi atau untuk melepaskan beban pikiran di otak.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More